Sambutan Ketua Umum

CYM

 

Bapak–bapak, ibu–ibu, seluruh anggota Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Sahabat Mitra Sejati yang kami hormati.

Merupakan suatu kehormatan bagi kami, Pengurus Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Sahabat Mitra Sejati, untuk dapat melaporkan pertanggungjawaban berbagai pencapaian KSP Sahabat Mitra Sejati di tahun 2016 yang baru saja dilalui. KSP Sahabat Mitra Sejati terus menunjukkan perkembangan yang signifikan dalam berbagai aspek, baik secara operasional, finansial, maupun tata kelola.

Pada kesempatan yang baik ini, ijinkan kami menyampaikan laporan operasional dan aktivitas KSP Sahabat Mitra Sejati dalam periode tahun buku 2016. Kami juga akan menggambarkan kinerja pengurus mulai dari pengelolaan organisasi, sampai bidang usaha dan keuangan yang telah dilaksanakan selama Tahun Buku 2016, serta usaha dalam rangka pengendalian manajemen, meningkatkan pertumbuhan, pengembangan koperasi yang bertitik tolak pada rencana dan program kerja kepengurusan.

 

KINERJA KOPERASI SIMPAN PINJAM (KSP) SAHABAT MITRA SEJATI TAHUN 2016

Kondisi perekonomian global secara umum masih mengalami perlambatan yang dibayangi peningkatan risiko ketidakpastian. Arah kebijakan umum KSP Sahabat Mitra Sejati pada tahun 2016 sejalan dengan hasil keputusan pada Rapat Anggota Tahunan 2016 yaitu untuk tetap memberdayakan skala Usaha Mikro, Kecil dan Menengah dengan tetap menekankan pada prinsip kehati-hatian dan mengacu pada prinsip pemberian pinjaman yang sehat.

Di tengah perlambatan ekonomi sepanjang 2016, KSP Sahabat Mitra Sejati terus optimis dan taktis dalam menghadapi tantangan, dan dengan demikian berhasil mencapai kondisi fundamental Koperasi yang baik dan manajemen risiko yang terukur. Pertumbuhan KSP Sahabat Mitra Sejati di 2016 tercermin dari meningkatnya Total Aset sebesar 104%, dari Rp662,9 miliar per akhir 2015 menjadi Rp1.353,4 miliar per akhir tahun 2016.

Pinjaman yang disalurkan per akhir 2016 mencapai Rp1.159,3 miliar, naik 135% dari Rp493,3 miliar per akhir 2015 dengan tetap memperhatikan kehati-hatian dalam melakukan kegiatan penyaluran pinjaman sesuai dengan Visi dan Misi Koperasi. Kenaikan ini ditopang oleh meningkatnya total Simpanan dari Rp529,8 miliar per akhir 2015 menjadi Rp1.191,6 miliar per akhir 2016, serta diikuti oleh peningkatan Pendapatan Bunga Bersih sebesar 69% dari Rp182,1 miliar pada akhir 2015 menjadi Rp306,9 miliar pada akhir 2016.

Selain kinerja keuangan tersebut diatas, sepanjang tahun 2016, KSP Sahabat Mitra Sejati juga telah mendapatkan beberapa kepercayaan antara lain mendapat kepercayaan dari Bank Indonesia sebagai Koperasi pertama yang memperoleh ijin dari Bank Indonesia untuk mengakses sistem informasi debitur (SID). Dengan SID ini pemberian pinjaman dapat dilakukan secara lebih hati-hati serta diharapkan kualitas pinjaman menjadi lebih baik karena rekam jejak calon peminjam dapat diketahui sebelum pinjaman disetujui.

Di tahun 2016 ini pula Koperasi meluncurkan produk PPSM (Program Pembelian Sepeda Motor) dan Program Pembelian Mobil (PPM) yang menawarkan kemudahan-kemudahan untuk memiliki motor dan mobil baru dengan cicilan yang ringan bagi para anggota Koperasi. Hinga akhir 2016, PPSM telah berhasil menjual sebanyak lebih dari 1000 unit motor.

 

RENCANA TAHUN 2017

Pada tahun 2017 Koperasi akan melakukan pengembangan bisnis berupa peluncuran Produk Sobatku yaitu produk pendanaan yang berbasis pada aplikasi yang bekerjasama dengan Alfamart dan Alfamidi diseluruh Indonesia.

Pada tahun ini akan dibagikan sebagian Sisa Hasil Usaha tahun 2016 kepada seluruh anggota. Sedangkan sisa dari SHU yang tidak dibagikan kepada anggota akan digunakan untuk pengembangan bisnis dan pelatihan-pelatihan kepada anggota.

Perlu kami informasikan disini bahwa hingga akhir Desember 2016 Koperasi memiliki jaringan kantor cabangnya sebanyak 116 kantor yang tersebar di seluruh Indonesia dan sejak tahun 2012, Koperasi bersinergi dengan Bank Sahabat Sampoerna yang mempunyai 20 jaringan kantor cabangnya di seluruh Indonesia.

Akhir kata, Pengurus Koperasi mengucapkan terima kasih kepada seluruh anggota, mitra kerja dan pihak lain dalam keterlibatannya untuk membantu penerapan program kerja serta tujuan koperasi selama tahun 2016, semoga sukses selalu menyertai kita semua.

 

CEPPY YANA MULYANA

 

Ketua