Bapak Endik dari Jombang, Jawa Timur, akrab disapa Pak Endik, ia merupakan merupakan salah satu pemberi referensi PROBIZ yang produktif. Pak Endik sudah bergabung menjadi pemberi referensi dari 2018 dan telah berhasil mereferensikan banyak anggota untuk memanfaatkan produk PROBIZ sebagai pendukung usaha. Pak Endik sendiri menyatakan bahwa dirinya sangat menikmati pengalamannya sebagai pemberi referensi PROBIZ. “Kalau jadi pemberi referensi kan tidak terikat. Setelah jadi pemberi referensi aktif saya menikmati karena produk Probiz ini tidak dimiliki oleh lembaga keuangan lain,” tegasnya. Menurut Pak Endik, proses yang cepat merupakan keunggulan utama. “Lumayan cepat untuk plafon satu Miliar, di tempat lain lama, kalau di KSP Sahabat Mitra Sejati paling lama satu minggu,” tegasnya. Selain itu Pak Endik juga menyatakan bahwa produk pinjaman dengan jaminan properti seperti PROBIZ untuk usaha mikro masih jarang di pasaran.

Pak Endik juga menekankan bahwa komisi yang didapat dari KSP Sahabat Mitra Sejati membuatnya lebih bersemangat untuk terus mengejar pencairan. “Ya, Alhamdulillah pertama gak nyangka bener-bener bisa dapat komisi hingga belasan juta… Alhamdulillah bisa dapat lagi, dapat lagi. Kemarin dapat delapan juta, sempat sepuluh juta, lanjut lagi sepuluh juta,” tegasnya dengan semangat. Pak Endik juga sempat bingung karena tiga bulan terakhir sejak wabah COVID-19 ada, dirinya tidak lagi mereferensikan anggota untuk meminjam namun tetap mendapatkan komisi, dan jumlahnya cukup besar baginya. Pak Endik menanyakan ke kantor pusat mengapa ada dana yang di transfer ke rekeningnya oleh KSP Sahabat Mitra Sejati. Ternyata, tidak disangka bahwa ia bisa menjadi salah satu yang berhak memperoleh komisi lain selain pencairan, yaitu komisi maintain dan loyalti. “Saya tidak menyangka bisa mendapat rezeki di masa pandemi ini,” ujarnya bersemangat.

Komisi maintain bisa Pak Endik dapatkan ketika anggota yang direferensikan merupakan anggota yang membayar angsuran secara lancar, sedangkan komisi loyalti didapatkan Pak Endik karena beliau telah mereferensikan lebih dari enam portofolio anggota lancar dalam satu tahun terakhir. Pak Ndik sendiri membagikan tipsnya untuk jadi pemberi referensi PROBIZ yang produktif, “ditawarkan ke pengusaha yang butuh uang cepat, kalau butuh tidak terlalu sensitif dengan bunga sehingga cocok dengan produk KSP Sahabat Mitra Sejati…  Jangan lupa melihat calon anggota yang punya karakter baik.” Bagi Pak Endik. “Meskipun saat ini sedang PSBB, tapi saya tetap aktif mengajak calon anggota. Dikarenakan kedepannya ketika ekonomi mulai pulih, akan banyak calon anggota yang membutuhkan produk pinjaman seperti PROBIZ.”

Dengan komisi pencairan, maintain, dan loyalti yang selalu dibagikan tepat waktu bagi para pemberi referensi, jangan ragu untuk memulai menjadi pemberi referensi di KSP Sahabat Mitra Sejati. Bisa jadi anda merupakan salah satu dari sekian banyak kisah sukses pemberi referensi PROBIZ ke depannya.
(Kontributor: Dian dan Reynald)